Panduan Untuk Pemula Akan Nilai Investasi Yang Merupakan Cara Cepat Kaya Saat Ini

Nilai investasi berfokus pada membeli saham yang bernilai rendah dari perusahaan yang kuat dan menahannya selama periode waktu yang panjang. Pelajari dasar-dasar nilai investasi dan alasan untuk menjadi investor yang sukses serta cara cepat dapat uang.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Bankrate menemukan bahwa 52% dari warga Amerika tidak memiliki saham apapun atau berinvestasi berbasis saham. Bahkan yang lebih mengkhawatirkan lagi, 74% dari populasi orang dewasa dibawah umur 30 tahun tidak memiliki saham sama sekali.

Saat ditanya mengapa mereka tidak berinvestasi didalam saham, mereka pun memberikan dua alasan:

  • Mereka tidak begitu mengerti pasar saham
  • Mereka merasa saham terlalu beresiko

Masyarakat kita sekarang ini berpusat di sekitar teknologi dan mendapatkan solusi cepat. Ini berarti kita ingin membuat keputusan yang cepat. Dan ini juga berarti anda ingin menghasilkan uang dari investasi yang cepat.

Dalam postjngan ini, saya akan menunjukkan anda sebuah metode yang berbeda dari berinvestasi didalam saham, sebuah metode yang berfokus tentang mengetahui dan memahami investasi didalam perusahaan. Sebuah metode yang bertujuan untuk mengurangi resiko.

Saya sedang berbicara tentang nilai investasi.

  • Apa Itu Nilai Investasi?

Anda mungkin belum berpikir untuk membeli saham seperti membeli barang dagangan. Sebagian investor Millenium tidak melakukannya. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa investor Millenium pasif dalam menyingkapi strategi investasinya.

Anda mungkin cenderung mendukung hal-hal seperti 401(k) atau dana indeks karena sisi kesederhanaannya.Tetapi ini bukanlah cara yang paling baik untuk berinvestasi.

Nilai investasi adalah investasi yang cerdas. Saya akan menggunakan istilah bergantian dalam artikel ini. (Catatan: Dengan menggunakan kata “cerdas” disini, saya tidak bermaksud untuk menunjukkan bahwa investasi pasif adalah sesuatu yang bodoh. Ini sangat pintar. Dalam hal ini, “cerdas” berarti “berpengetahuan, sadar” dan menunjukkan keakraban yang mendalam dengan investasi yang anda tempatkan disuatu perusahaan.

Nilai investasi berfokus pada investasi di sebuah perusahaan yang berkualitas dimana anda berpikir dinilai dengan rendah. Anda membuat keputusan ini berdasarkan analisa fundamental yang kuat.

Ini strategi membeli-dan-menahan. Ini memberikan perhatian terhadap reaksi pasar yang berlebihan atas kejadian saat ini dan kemana perusahaan membayar dividen. Hal ini membuat beberapa perusahaan bernilai rendah berdasarkan potensi pertumbuhan jangka panjangnya.

Benjamin Graham adalah penulis The Intelligent Investor. Dalam beberapa kalangan, dia dikenal sebagai “Bapak Nilai Investasi”.

Dia mengatakan bahwa investor cerdas harus melakukan analisis yang lengkap dan mendalam sebelum berinvestasi. Melakukan hal ini akan memberikan mereka keamanan dan stabilitas pada investasinya.

Mereka focus pada harga, juga. Investor cerdas hanya membeli saham saat harga berada dibawah nilai intrinsiknya lengkapnya.

Nilai intrinsic adalah bagaimana anda menilai perusahaan berdasarkan analisis fundamental anda sendiri. Anda melakukan ini sembari mengabaikan pasar. Dengan kata lain, melupakan apa yang dikatakan oleh orang lain.

Investor cerdas juga mencari margin keselamatan sebelum membeli saham. Ini berarti anda berpikir ada celah diantara sesuatu yang telah anda bayar terhadap saham dan sesuatu yang akan anda dapatkan dari saham sebagai perusahaan yang berkembang.

Untuk rekapan, nilai investasi berfokus pada:

  • Analisa fundamental yang kuat
  • Menemukan dan membeli saham yang bernilai rendah
  • Membeli dengan margin keselamatan
  • 3 Prinsip Dalam Nilai Investasi
  1. Melakukan penelitianmu

Luangkan watu untuk menganalisis dan memahami perusahaan anda yang anda investasikan sebelum membeli saham apapun. Anda harus memahami hal-hal tentang perusahaan dibawah ini:

  • Rencana jangka panjang
  • Prinsip-prinsip bisnis
  • Struktur keuangan
  • Pihak yang mengelolanya

Nilai investasi menempatkan focusnya pada perusahaan yang membayar dividen secara konsisten. Mengapa? Perusahaan yang menguntungkan sering membayar sebagian dari keuntungannya kepada investor mereka. Bagian dari keuntungan ini disebut dividen.

Investor cerdas selalu melihat masa lalu  akan laba jangka pendek perusahaan juga. Mereka tidak peduli, apakah perusahaan ini popular di mata media atau tidak.

  1. Membuat variasi

Pernah mendengar pepatah, “Jangan menaruh semua telur didalam satu keranjang?”. Nah, ini juga berlaku untuk nilai investasi.

Investor cerdas memiliki berbagai jenis investasi didalam portofolionya. Hal ini melindungi mereka dari kerugian yang serius. Meskipun nilai investasi telah terbukti menawaran tingkat pengembalian tahunan yang stabil, hal ini tidak bisa dijamin.

  1. Memperhatikan tingkat pengembalian yang aman dan stabil

Yang satu ini umumnya sulit bagi investor baru untuk memahaminya. Semua orang ingin menghasilkan uang dengan cepat.

Hanya sedikit dari kita yang menggunakan waktu dan usahanya untuk mendapatkan tingkat keamanan yang aman dan stabil. Kebanyakan mereka ingin saham yang mempunyai nilai yang besar dan memberikan hasil yang sangat luar biasa. Ini tidak realistis.

Anda mungkin dapat menemukan saham seperti itu, tetapi sayangnya hanya dapat berlangsung selama beberapa saat. Tentu, tidak akan berlangsung selamanya. Di beberapa titik, strategi anda juga bisa gagal.

Jadi mereka tidak langsung mencari dan ingin mengalahkan pasar; investor cerdas ingin konsistensi. Seorang investor yang cerdas sangat senang dengan resiko rendah, dan tingkat pengembalian yang konsisten. Carilah saham yang dapat memenuhi kebutuhan pribadi anda. Jangan mencoba untuk mengalahkan portofolio pasar didalam hidupmu.

  • Kesimpulan Akhir

Bagi beberapa orang, mungkin tampak konyol untuk mengambil pendekatan yang lambat dalam berinvestasi. Tetapi ada alasan yang mengatakan bahwa lambat tapi pasti dan menjamin menjadi juara.

Hanya sedikit dari kita yang memiliki kesabaran untuk bertahan dan menunggu secara konsisten, sehingga mendapatkan tingkat pengembalian yang stabil. Sisanya, mereka hanya ingin menghasilkan uang dengan cepat.

Tetapi nilai investasi disini tidak dimaksudkan untuk menjadi “hal terpanas”. Ini dimaksudkan untuk memperoleh keberuntungan jangka panjang.

Untuk melakukan hal ini secara efektif, anda harus bersedia untuk menginvestasikan waktu dalam penelitian. Anda harus sabar dan berpegang teguh pada saham anda. Jika anda dapat melakukan ini, anda akan melihat kekayaan bersihmu akan bertumbuh dari waktu ke waktu dan anda mungkin akan menjadi orang kaya baru.